Welcome to the board. Please click here to register.
    1. #1
    2. Join Date: Dec 2011
    3. Posts: 20
    4. Like this: 2
    5. Favorited 2 Times in 2 Posts
    6. G-Point: 300
    7. Job pow reset jadi dex,, gejala baru di ran vtc

      akhirnya mulai terkuak job paling GG / Imba di Ran VTC. Setelah awalny rame-rame / eksodus dari job int/dex menjadi pow,, sekarang jadi kebalikannya. JOB POW mulai berduyun-duyun reset menjadi Dex, khususny untuk job Swordsman (SM).

      Diawali oleh jawara Top Level yaitu char nick icsmoke lalu diikuti BotRahman. Bagaimana tidak,, Antipot 5 detik lebih,, baru grade 1 aja udah serem,, apa lagi grade master.

      Combo 2 skill yang mengandung effect skill "Continues Damage" bikin char manapun (terlebih gunner pow / archer ) yang notabene memiliki HP yang tergolong tipis,, kemanapun kabur,, pasti mati / goler, tanpa harus di hit lagi.

      Mungkin ini yang disebut, balancing game on skill level 207. Untuk level-level cupu emang dikuasai gunner pow tanpa tanding karena combo antipotny. Namun setelah 201 ke atas apalgi 207,, mulai antiklimaks bagi job gunner pow.

      Bagaimana tanggapan sesama Ranners untuk hal ini.. mengingat di awal" sebelumnya,, begitu besar pengaruhnya Gunner Pow sampai bisa "mengusir" para pemain lama a.k.a Senior Ran harus pensi total karena menganggap gameplay yang tidak balance dari Ran ini. Mengabaikan soal komersialis pihak VTC yang mengskenariokan supaya pada beli Item Mall,, (karena itu memang sudah seharusnya,, namany juga F2P).

      Apapun pendapat Anda,, semoga jadi masukan yang positif bagi sesama ranners.. Alangkah baiknya kita bisa saling memberi semangat supaya kita bisa tetap mempertahankan komunitas di dalam game ini.

    8. #2
    9. Join Date: Nov 2011
    10. Posts: 54
    11. Like this: 1
    12. Favorited 1 Time in 1 Post
    13. G-Point: 875
    14. Waw luar biasa juga yah job dex mempunyai antipot sampai 5 detik, jujur saya baru tau hal ini maklum saya uda lama angkat kaki dari ran ;)

      continues damage apa itu seperti yang di terapkan pada gunner dex? jika bnar maka hal itu sih cukup berpengaruh di 2 class yang anda sebutkan archer n gunner tapi akan susah membunuh char yang memiliki darah cukup banyak seperti sm sendiri maupun fighter. dari pengalaman saya menggunakan class gunner dex membunuh orang lebih kepada kecerobohan player tersebut karna terlalu mermehkan continues damege sih.
      satu lagi yang harus di waspadai di gunner pow karna gunner pow memiliki cure yang bisa menghilangkan effect negatif seperti continues demage.
      dan 1 lagi ketika job telah menyentuh lv 201 maka semua darah dari char tersebut telah memiliki darah yang cukup untuk menghalang block pot karna ad passive skil sih itulah yang perna saya bilang di beberapa threed salah satu cara untuk mengatasinya yah harus menyentuh lv 201++ dlu.

      dan untuk memperbaiki komunitas ran yang telah di tinggalkan sepertinya akan sangat susah, kenapa? terlalu meluasnya gold yang di miliki player yang sekarang, terlanjur kacaunya ran, dll.
      intinya perlu hal yang sangat luar biasa untuk memperbaiki komunitas ran seperti dlu.

    15. #3
    16. Join Date: Nov 2011
    17. Posts: 48
    18. Like this: 2
    19. Favorited 2 Times in 2 Posts
    20. G-Point: 1065
    21. Kalau ga salah sih dulu GMnya juga pernah bilang kalau tiap job itu ada lawanya, mungkin ini yang dia maksud, selamat kk anda menguak takbir era baru ^^

    22. #4
    23. Join Date: Sep 2012
    24. Posts: 4
    25. Like this: 0
    26. Favorited 1 Time in 1 Post
    27. G-Point: 70
    28. Quote Posting asli oleh angelofguitar Lihat Post
      akhirnya mulai terkuak job paling GG / Imba di Ran VTC. Setelah awalny rame-rame / eksodus dari job int/dex menjadi pow,, sekarang jadi kebalikannya. JOB POW mulai berduyun-duyun reset menjadi Dex, khususny untuk job Swordsman (SM).

      Diawali oleh jawara Top Level yaitu char nick icsmoke lalu diikuti BotRahman. Bagaimana tidak,, Antipot 5 detik lebih,, baru grade 1 aja udah serem,, apa lagi grade master.

      Combo 2 skill yang mengandung effect skill "Continues Damage" bikin char manapun (terlebih gunner pow / archer ) yang notabene memiliki HP yang tergolong tipis,, kemanapun kabur,, pasti mati / goler, tanpa harus di hit lagi.

      Mungkin ini yang disebut, balancing game on skill level 207. Untuk level-level cupu emang dikuasai gunner pow tanpa tanding karena combo antipotny. Namun setelah 201 ke atas apalgi 207,, mulai antiklimaks bagi job gunner pow.

      Bagaimana tanggapan sesama Ranners untuk hal ini.. mengingat di awal" sebelumnya,, begitu besar pengaruhnya Gunner Pow sampai bisa "mengusir" para pemain lama a.k.a Senior Ran harus pensi total karena menganggap gameplay yang tidak balance dari Ran ini. Mengabaikan soal komersialis pihak VTC yang mengskenariokan supaya pada beli Item Mall,, (karena itu memang sudah seharusnya,, namany juga F2P).

      Apapun pendapat Anda,, semoga jadi masukan yang positif bagi sesama ranners.. Alangkah baiknya kita bisa saling memberi semangat supaya kita bisa tetap mempertahankan komunitas di dalam game ini.
      Et buset itu benar kah 5 detik block-potnya ? Gw kira block-pot yang dimiliki oleh job-job tertentu hanya 1 detik saja, ternyata ada yang 5 DETIK ? waduh siap2 kebanjiran swordman dex deh.. ahahah . Udah kapasitas HP Swordman kan lebih unggul dibandingkan job lain dan ditambah lagi ETC" meningkatkan kapasitan maksimum pada HP. Btw, skill 207 nya swordman dex yang warna merah hitnya berulang-ulang kali yak? Walaupun kena hanya 600 kalau hitnya berulang kali sampai 4 bagaimana ? 6x4 = 2,4 hebat !! ditambah skill block-pot 5 detik .. AJIIIBBBB ! ( gw juga ngasal berapa kali hitnya ). Continues Damage emang seru... mereka memang tidak memikirkan efek dari continues damage yang dimiliki "kebanyakan" gunner dex. Padahal efek dari continues damage itu sendiri membuat pot nya terkuras banyak bila memakai "AP" pada saat WarGuild or PerangKampus.

      Sebanarnya bisa di buat balance seperti yang saya pernah liat di sebuat situs yo*tube. Efek skill mereka sama dengan efek skill pada umumnya RAN ONLINE sekarang. Dan lebih parah lagi mereka membutuhkan "POWER UP MAX" untuk membunuh lawanya. Etss. tapi jangan berfikir bahwa memakai PUM sama aja tidak ada skillnya. Justru itu saking balancenya memakai box PUM saja yang sudah weapon +12 sebuah skill "Guardian Blaze" hanya mengenai 1,2k ^_^ hebatkan... dan mau tak mau mereka PK dengan sistem teamwork deh jadi seru liatnya. Tapi sayangnya VTC tidak mempunyai hak untuk merubah itu semua. Jadi ya nikmati sajalah Ran sekarang.

      Game For Fun , No Hard Fell

    29. #5
    30. Join Date: Nov 2011
    31. Posts: 556
    32. Like this: 0
    33. Favorited 34 Times in 28 Posts
    34. G-Point: 7140
    35. Hahaha..

      Lucu juga liat nya ya,
      alokasi efek skill BLOK-POT di tujukan memaksa player menggunakan item-mall secara konsumtive,
      atau game-play seperti ini yang kalian ingin kan?
      ya itu terserah..

      Mungkin gaya main Ran Online yang dulu akan di kubur dalam-dalam,
      melihat game-play Ran sekarang yang di arahkan paksa untuk kepentingan market,
      lambat laun kita akan melihat game-play Ran yang `TYPICAL` seperti MMORPG lain nya.

      Gua pikir-pikir, block pot 5 detik, cukup `IDIOT` juga melihat nya,
      di-ibaratkan.. jika di fikir-fikir MINCOM menganggap Ranner-nya seperti player yang `DISSELEKSIA` yang kurang respon-nya terhadap teknik kombo..

      Aneh nya, perubahan gaya permainan RAN tidak di imbangi class balance,
      dan kalau di bilang juga `obat bagi job tertentu`, TIDAK JUGA,
      karena aspek-aspek massive dalam Ran Online agak kurang diperhatikan oleh MINCOM,
      kenapa tidak?
      anda bisa test setiap job yang yang ada, apa bisa memuaskan secara fungsi,
      saya rasa tidak..
      Parah nya, player lebih suka ber-bondong-bondong `ter-Influence` ke fungsi PVP yang tujuan nya untuk bisa membunuh lawan..

      Sepertihal nya judul Threads ini,
      Player seperti `DIHANYUTKAN` oleh `kedigdayaan` efek skill `blok-pot`,
      dan nggak aneh kalau nanti ada efek skill sampai jeda blok pot 10 detik.
      Efek skill yang menjadi momok tolak ukur di Ran sekarang (Blok-pot) boleh di bilang sengaja di design `anti-resistensi` oleh job tertentu, tidak ada job di langit mana-pun dalam Ran yang bisa kebal terhadap efek skill `Blok-Pot`,
      penangkal skill ini cuma satu, `ITEM MALL`.

      REVOLUSI atau KEMUNDURAN ?

    36. #6
    37. Join Date: Dec 2011
    38. Posts: 20
    39. Like this: 2
    40. Favorited 2 Times in 2 Posts
    41. G-Point: 300
    42. Quote Posting asli oleh linxianghua Lihat Post
      Hahaha..

      Lucu juga liat nya ya,
      alokasi efek skill BLOK-POT di tujukan memaksa player menggunakan item-mall secara konsumtive,
      atau game-play seperti ini yang kalian ingin kan?
      ya itu terserah..

      Mungkin gaya main Ran Online yang dulu akan di kubur dalam-dalam,
      melihat game-play Ran sekarang yang di arahkan paksa untuk kepentingan market,
      lambat laun kita akan melihat game-play Ran yang `TYPICAL` seperti MMORPG lain nya.

      Gua pikir-pikir, block pot 5 detik, cukup `IDIOT` juga melihat nya,
      di-ibaratkan.. jika di fikir-fikir MINCOM menganggap Ranner-nya seperti player yang `DISSELEKSIA` yang kurang respon-nya terhadap teknik kombo..

      Aneh nya, perubahan gaya permainan RAN tidak di imbangi class balance,
      dan kalau di bilang juga `obat bagi job tertentu`, TIDAK JUGA,
      karena aspek-aspek massive dalam Ran Online agak kurang diperhatikan oleh MINCOM,
      kenapa tidak?
      anda bisa test setiap job yang yang ada, apa bisa memuaskan secara fungsi,
      saya rasa tidak..
      Parah nya, player lebih suka ber-bondong-bondong `ter-Influence` ke fungsi PVP yang tujuan nya untuk bisa membunuh lawan..

      Sepertihal nya judul Threads ini,
      Player seperti `DIHANYUTKAN` oleh `kedigdayaan` efek skill `blok-pot`,
      dan nggak aneh kalau nanti ada efek skill sampai jeda blok pot 10 detik.
      Efek skill yang menjadi momok tolak ukur di Ran sekarang (Blok-pot) boleh di bilang sengaja di design `anti-resistensi` oleh job tertentu, tidak ada job di langit mana-pun dalam Ran yang bisa kebal terhadap efek skill `Blok-Pot`,
      penangkal skill ini cuma satu, `ITEM MALL`.

      REVOLUSI atau KEMUNDURAN ?
      Wow kk wow,, 100% kakak ini pasti sudah cukup lama melanglangbuana di dunia Ran.

      Seperti yang sudah saya bilang di atas,, kita harus mengabaikan "kecenderungan" si pembuat game supaya player membeli item mall,, karena memang sudah seharusnya layaknya F2P.
      Kita kembali ke era sebelumnya,, dimana Ranners Indonesia pertama kali diperkenalkan game ini oleh salah satu publisher Indonesia. Cukup sukses walaupun tidak booming. Sampai akhirnya menuju pada tingkat "failed" secara finansial. Kalau mengingat hal tersebut,, rasanya sangat-sangat wajar apabila Mincom membuat antisipasi seperti ini mereka secara "tidak langsung" mencoba melindungi Finance Status Situation dari setiap Publishernya.
      Akhirnya seperti kejelian Anda tadi,, dibuat lah skill AntiPot yang memang di rancang khusus u/ mndongkrak Item Mall. Pemain tanpa Item Mall akan terlihat sangat lemah atau dengan kata lain,, pemain bisa menjadi jauh lebih kuat menghadapi skill Antipot.
      Untung saja dsini publisher masih cukup responsive dengan keluhan" playernya,walaupun kadang masih terkesan lambat, misalnya peniadaan STP BP (walaupun masih banyak player menyimpannya sebagai stok), atau perubahan sistem enskripsi chat yang beberapa waktu lalu sempat dibobol orang. Dan juga kita tidak (atau belum?) menemukan senjata web mall(dulu +7 sekarang pasti jadi +10 atau +11), dan kalaupun ada senjata sejenis (non permanen) dijadikan sebagai hadiah event tertentu untuk menarik minat para playernya.
      Soal gameplay, jelas jadi jauh berbeda,, misalnya War Club atau WG, mau tidak mau guild harus mutlak punya banyak anggota karena untuk saat ini,, setebal apapun darah (HP) Coloker club, gak akan mampu melawan combo dari 2-3 gunner sekligus, sehingga member lain bisa meng-cover colokernya. berbeda semisal tanpa antipot, jelas terbayang di benak saya betapa "susah mati" ntr para dewa" char yang darahnya 5000 lebih dikeroyok 1 party sekalipun.
      YAh ini lah yang disebut Industri,, hobi & kesukaan bisa dikemas jadi bahan komersiil. Masalah Revolusi / Kemunduran, saya menganggap ini bukan 2-2 nya juga,, Saya lebih menganggap ini adalah jenis game F2P baru yang "MIRIP" dengan game yang beberapa tahun lalu pernah saya mainkan bersama teman-teman saya dan kini sudah hilang dari peredaran. WAlaupun memang fakta,, berasal dari perusahaan yang sama :P.
      Mengenai PvP, saya memandangnya itu adalah pengaruh dari segmentasi umur player, pasti paham maksud saya :P

    43. #7
    44. Join Date: Nov 2011
    45. Posts: 209
    46. Like this: 17
    47. Favorited 6 Times in 6 Posts
    48. G-Point: 2505
    49. owh gitu yah ...... nyimak aja deh ....
      buat om husni hihih udah jangan galau ... tinggal cari akal lagi buat nanggulangin block pot klo pvp
      tuh GM jg dah membuat opsi nya juga di setiap equip... hehehhehe
      Just Game For Have fun

      -=SaigonKick=-
      -=Angel-Funs=-

    50. #8
      ajinagoro's No Avatar
      ajinagoro
      Guest
      Quote Posting asli oleh angelofguitar Lihat Post
      Wow kk wow,, 100% kakak ini pasti sudah cukup lama melanglangbuana di dunia Ran.

      Seperti yang sudah saya bilang di atas,, kita harus mengabaikan "kecenderungan" si pembuat game supaya player membeli item mall,, karena memang sudah seharusnya layaknya F2P.
      Kita kembali ke era sebelumnya,, dimana Ranners Indonesia pertama kali diperkenalkan game ini oleh salah satu publisher Indonesia. Cukup sukses walaupun tidak booming. Sampai akhirnya menuju pada tingkat "failed" secara finansial. Kalau mengingat hal tersebut,, rasanya sangat-sangat wajar apabila Mincom membuat antisipasi seperti ini mereka secara "tidak langsung" mencoba melindungi Finance Status Situation dari setiap Publishernya.
      Akhirnya seperti kejelian Anda tadi,, dibuat lah skill AntiPot yang memang di rancang khusus u/ mndongkrak Item Mall. Pemain tanpa Item Mall akan terlihat sangat lemah atau dengan kata lain,, pemain bisa menjadi jauh lebih kuat menghadapi skill Antipot.
      Untung saja dsini publisher masih cukup responsive dengan keluhan" playernya,walaupun kadang masih terkesan lambat, misalnya peniadaan STP BP (walaupun masih banyak player menyimpannya sebagai stok), atau perubahan sistem enskripsi chat yang beberapa waktu lalu sempat dibobol orang. Dan juga kita tidak (atau belum?) menemukan senjata web mall(dulu +7 sekarang pasti jadi +10 atau +11), dan kalaupun ada senjata sejenis (non permanen) dijadikan sebagai hadiah event tertentu untuk menarik minat para playernya.
      Soal gameplay, jelas jadi jauh berbeda,, misalnya War Club atau WG, mau tidak mau guild harus mutlak punya banyak anggota karena untuk saat ini,, setebal apapun darah (HP) Coloker club, gak akan mampu melawan combo dari 2-3 gunner sekligus, sehingga member lain bisa meng-cover colokernya. berbeda semisal tanpa antipot, jelas terbayang di benak saya betapa "susah mati" ntr para dewa" char yang darahnya 5000 lebih dikeroyok 1 party sekalipun.
      YAh ini lah yang disebut Industri,, hobi & kesukaan bisa dikemas jadi bahan komersiil. Masalah Revolusi / Kemunduran, saya menganggap ini bukan 2-2 nya juga,, Saya lebih menganggap ini adalah jenis game F2P baru yang "MIRIP" dengan game yang beberapa tahun lalu pernah saya mainkan bersama teman-teman saya dan kini sudah hilang dari peredaran. WAlaupun memang fakta,, berasal dari perusahaan yang sama :P.
      Mengenai PvP, saya memandangnya itu adalah pengaruh dari segmentasi umur player, pasti paham maksud saya :P
      Setuju... Liked This, dibandingkan dengan PT sebelumnya yang mempublish game ini juga, gw rasa VTC lebih care dan lebih transparant.. sampe saat ini gw masih belum melihat ada tindak tanduk / hal-hal yang aneh di VTC tidak seperti di publisher sebelumnya...

    51. #9
    52. Join Date: Nov 2011
    53. Posts: 556
    54. Like this: 0
    55. Favorited 34 Times in 28 Posts
    56. G-Point: 7140
    57. Quote Posting asli oleh angelofguitar Lihat Post
      Wow kk wow,, 100% kakak ini pasti sudah cukup lama melanglangbuana di dunia Ran.

      Seperti yang sudah saya bilang di atas,, kita harus mengabaikan "kecenderungan" si pembuat game supaya player membeli item mall,, karena memang sudah seharusnya layaknya F2P.
      Kita kembali ke era sebelumnya,, dimana Ranners Indonesia pertama kali diperkenalkan game ini oleh salah satu publisher Indonesia. Cukup sukses walaupun tidak booming. Sampai akhirnya menuju pada tingkat "failed" secara finansial. Kalau mengingat hal tersebut,, rasanya sangat-sangat wajar apabila Mincom membuat antisipasi seperti ini mereka secara "tidak langsung" mencoba melindungi Finance Status Situation dari setiap Publishernya.
      Akhirnya seperti kejelian Anda tadi,, dibuat lah skill AntiPot yang memang di rancang khusus u/ mndongkrak Item Mall. Pemain tanpa Item Mall akan terlihat sangat lemah atau dengan kata lain,, pemain bisa menjadi jauh lebih kuat menghadapi skill Antipot.
      Untung saja dsini publisher masih cukup responsive dengan keluhan" playernya,walaupun kadang masih terkesan lambat, misalnya peniadaan STP BP (walaupun masih banyak player menyimpannya sebagai stok), atau perubahan sistem enskripsi chat yang beberapa waktu lalu sempat dibobol orang. Dan juga kita tidak (atau belum?) menemukan senjata web mall(dulu +7 sekarang pasti jadi +10 atau +11), dan kalaupun ada senjata sejenis (non permanen) dijadikan sebagai hadiah event tertentu untuk menarik minat para playernya.
      Soal gameplay, jelas jadi jauh berbeda,, misalnya War Club atau WG, mau tidak mau guild harus mutlak punya banyak anggota karena untuk saat ini,, setebal apapun darah (HP) Coloker club, gak akan mampu melawan combo dari 2-3 gunner sekligus, sehingga member lain bisa meng-cover colokernya. berbeda semisal tanpa antipot, jelas terbayang di benak saya betapa "susah mati" ntr para dewa" char yang darahnya 5000 lebih dikeroyok 1 party sekalipun.
      YAh ini lah yang disebut Industri,, hobi & kesukaan bisa dikemas jadi bahan komersiil. Masalah Revolusi / Kemunduran, saya menganggap ini bukan 2-2 nya juga,, Saya lebih menganggap ini adalah jenis game F2P baru yang "MIRIP" dengan game yang beberapa tahun lalu pernah saya mainkan bersama teman-teman saya dan kini sudah hilang dari peredaran. WAlaupun memang fakta,, berasal dari perusahaan yang sama :P.
      Mengenai PvP, saya memandangnya itu adalah pengaruh dari segmentasi umur player, pasti paham maksud saya :P

      Terimaksih..
      Saya cuma berusaha di anggap orang tidak sok tau, dan apa yang saya opinikan menjadi hipotesa awal yang bisa di diskusikan bersama.

      Banyak player yang bisa beradaptasi, ada yang tidak, atau masih terus bermain walau pun tidak suka.
      postingan saya disini jelas untuk Ranner dan kepentingan Ran, terlepas opini orang akan beda-beda menanggapi persoalan di Ran sekarang.

      System yang di bangun MINCOM sekarang boleh di bilang seperti `Kanker stadium akhir`, menjangkit dan mustahil di singkirkan,
      seperti skill `Blok Pot` yang momok nya tidak akan ada habis-habis nya jika di bicarakan,

      Belum lagi nanti muncul job baru Assassin, yang punya skill yang cukup kontroversial,
      Alhasil game-play Ran menjadi game `Anti-resitensi` artinya, tidak ada satu job pun yang bisa resistensi terhadap job lain kecuali job itu sendiri,
      jawaban nya cuma satu `Kill or to be killed`,

      Pengembangan game-play Ran boleh di bilang `Patchwork` (Tambal sulam), kenapa begitu?
      pengembangan system job di Ran boleh di bilang cukup aneh dan membingungkan, contoh saja extreem-class yang sebenarnya 2nd class (job tingkat yang lebih kuat di atas class biasa), yang setelah itu di buat job baru di bawah nya seperti Gunner dan Assassin,
      Gameplay menjadi `Amburadul` ketika Gunner bisa membunuh Extreem class yang lebih kuat, dan secara tiba-tiba MINCOM memperbaiki hal tersebut dengan ter-gesa-gesa, job lain dengan tiba-tiba mempunya kapasitas yang mirip dengan gunner, dan hal itu menjadi `Racun` di game-play ran sekarang, terlebih parah nya menjadi `Influence yang kronis` di mindset player.


      Sebut saja racun-racun tersebut adalah :
      • Skill Blok Pot
      • Skill pengurang kapasitas HP
      • Skill Debuff (Diss-effect)


      Dan belum lagi nanti setelah job Assassin muncul, maka penderitaan nya bertambah lengkap,
      • Skill pengubah lawan menjadi tengkorak (Dummy)
      • Skill miss 6 detik
      • Dll


      Yang menjadi Kritik keras untuk pengembang Game Ran MINCOM adalah,
      pengembangan job baru, tidak selalu di ikuti penyeimbangan dengan job lama atau job lain.
      Memang cukup menyesalkan melihat yang terjadi di Ran Online sekarang,
      dan seperti nya hampir mustahil semua itu di recovery.

    58. #10
    59. Join Date: Nov 2011
    60. Posts: 556
    61. Like this: 0
    62. Favorited 34 Times in 28 Posts
    63. G-Point: 7140
    64. Quote Posting asli oleh ajinagoro Lihat Post
      Setuju... Liked This, dibandingkan dengan PT sebelumnya yang mempublish game ini juga, gw rasa VTC lebih care dan lebih transparant.. sampe saat ini gw masih belum melihat ada tindak tanduk / hal-hal yang aneh di VTC tidak seperti di publisher sebelumnya...
      Ya, memang saya akui publisher sebelum nya (JS) Busuk,
      tapi RAN JS adalah RAN dengan game-play terbaik sepanjang masa yang pernah ada di Indonesia,
      Ran Online yang paling presisi yang pernah saya mainkan.

      Jika anda tanya ke mantan player EX-RAN JS yang main di Ran VTC hingga sekarang,
      pasti anda akan paham apa maksud saya.

      Ok, kita juga ucapkan terimakasih buat VTC yang bisa membawa kembali Ran Online ke Indonesia,
      tapi untuk Ran yang baru sekarang, pendapat player akan ber-beda-beda.

    65. #11
    66. Join Date: Nov 2011
    67. Posts: 556
    68. Like this: 0
    69. Favorited 34 Times in 28 Posts
    70. G-Point: 7140
    71. Quote Posting asli oleh tomsgame Lihat Post
      owh gitu yah ...... nyimak aja deh ....
      buat om husni hihih udah jangan galau ... tinggal cari akal lagi buat nanggulangin block pot klo pvp
      tuh GM jg dah membuat opsi nya juga di setiap equip... hehehhehe
      Hahaha, galau sih nggak

      Blok Pot itu seperti kanker yang mengerogoti Ran Online, menjangkit dan sulit di singkirkan,
      satu cara penangkal nya hanya dengan skill Blok Pot itu sendiri, cara lain nggak ada..

    72. #12
    73. Join Date: Dec 2011
    74. Posts: 20
    75. Like this: 2
    76. Favorited 2 Times in 2 Posts
    77. G-Point: 300
    78. Quote Posting asli oleh linxianghua Lihat Post
      Hahaha, galau sih nggak

      Blok Pot itu seperti kanker yang mengerogoti Ran Online, menjangkit dan sulit di singkirkan,
      satu cara penangkal nya hanya dengan skill Blok Pot itu sendiri, cara lain nggak ada..
      Mas, boleh tanya ya,, terutama memang harus ditujukan ama player berpengalaman seperti mas .

      SAya bru pernah mencoba 3 server publisher aja selama bermain Ran. Ada 1 server yg cukup "menggelitik" pikiran saya, terutama menyikapi skill kontreversial Anti Pot.
      Server Private tersebut mncoba membalancing gameplay, dengan meniadakan antipot (mungkin ada bagian game yang di edit Oh iya,, server tersebut adalah PS, mas :P )
      Namun dengan ketiadaan antipot tersebut,, publisher PS tersebut memberikan opsi delay pot sekitar 1 detik u/ setiap skill,, artinya pot yg digunakan oleh setiap player & job nya diberi delay skitar 1 detik.
      Saya belum terllu mendalami PS tersebut, karena berasal dari negara Thai, walaupun gk ngelagg,, tapi masih asik ama VTC. Tapi saya jdi "terusik" jg,, karena saya jadi tau ternyata Mas XiangHua tidak sendirian yg menganggap skill Antipot di Ran cenderung "lebay" dan mengada-ada sehingga mereka pun meniadakan skill ini di PS mereka.
      Pertanyaan saya :
      - Menurut Mas XiangHua, ada pilihan cara lain kah atau ide lain yg lebih efektif ke balancing game play, ketimbang skill antipot yg emang "brutal". Mengingat limit level smkin tinggi, sehingga rata" Hp char pun smakin besar,, sulit di kill sklipun 1 party (saya pernah liat char 190++ dikeroyok 1 party yang di kebetulan party tersebut gak ada 1 pun punya skill antipot, sampe di kombo beberapa kli pun gk mati, sampe akhirnya ada 1 gunner entah kesasar atau emang lgi cari mangsa,,datang dan akhirny bisa diduga,, dgn skill antipot lah 190++ itu bisa dihentikan)

      Maksud pertanyaan saya,, yah sekedar share barangkali aktifis forum dsini sebenarny punya ide yg lebih bagus bahkan brilian daripada sekedar skill antipot yg memang saya pun merasa terkesan "menggampangkan" & asal jadi.

      Mohon maaf klo kata" saya berantakan, ya mas

    79. #13
    80. Join Date: Nov 2011
    81. Posts: 556
    82. Like this: 0
    83. Favorited 34 Times in 28 Posts
    84. G-Point: 7140
    85. Quote Posting asli oleh angelofguitar Lihat Post
      Mas, boleh tanya ya,, terutama memang harus ditujukan ama player berpengalaman seperti mas .

      SAya bru pernah mencoba 3 server publisher aja selama bermain Ran. Ada 1 server yg cukup "menggelitik" pikiran saya, terutama menyikapi skill kontreversial Anti Pot.
      Server Private tersebut mncoba membalancing gameplay, dengan meniadakan antipot (mungkin ada bagian game yang di edit Oh iya,, server tersebut adalah PS, mas :P )
      Namun dengan ketiadaan antipot tersebut,, publisher PS tersebut memberikan opsi delay pot sekitar 1 detik u/ setiap skill,, artinya pot yg digunakan oleh setiap player & job nya diberi delay skitar 1 detik.
      Saya belum terllu mendalami PS tersebut, karena berasal dari negara Thai, walaupun gk ngelagg,, tapi masih asik ama VTC. Tapi saya jdi "terusik" jg,, karena saya jadi tau ternyata Mas XiangHua tidak sendirian yg menganggap skill Antipot di Ran cenderung "lebay" dan mengada-ada sehingga mereka pun meniadakan skill ini di PS mereka.
      Pertanyaan saya :
      - Menurut Mas XiangHua, ada pilihan cara lain kah atau ide lain yg lebih efektif ke balancing game play, ketimbang skill antipot yg emang "brutal". Mengingat limit level smkin tinggi, sehingga rata" Hp char pun smakin besar,, sulit di kill sklipun 1 party (saya pernah liat char 190++ dikeroyok 1 party yang di kebetulan party tersebut gak ada 1 pun punya skill antipot, sampe di kombo beberapa kli pun gk mati, sampe akhirnya ada 1 gunner entah kesasar atau emang lgi cari mangsa,,datang dan akhirny bisa diduga,, dgn skill antipot lah 190++ itu bisa dihentikan)

      Maksud pertanyaan saya,, yah sekedar share barangkali aktifis forum dsini sebenarny punya ide yg lebih bagus bahkan brilian daripada sekedar skill antipot yg memang saya pun merasa terkesan "menggampangkan" & asal jadi.

      Mohon maaf klo kata" saya berantakan, ya mas
      Hahahaha,
      nice quote,
      kalo rata-rata member forum kayak anda, pasti topik pembicaraan tidak akan membosankan..


      Untuk Ran Private Server sendiri, kesalahan yang selalu mereka lakukan adalah,
      Tidak bisa memprediksi `skala pertempuran` dalam Ran Online
      Skala pertempuran ini termasuk dalam perkembangan kekuatan setiap player, sejauh mana mereka bisa berkembang hingga kekuatan player maksimal,
      pemaksimalan ini harus di batasi, sehingga game-play tidak membuat player ada yang terlalu over-powerfull,
      itu satu contoh faktor sederhana, PEMBATASAN,
      dan kayak nya sama sekali sulit di lakukan private server jika mereka menggalang dana melalui sistem donasi,
      maaf bukan bermaksud membicarakan private server, tapi logika nya begitu.

      Faktor fatal ini kadang terjadi kepada pembuat game nya sendiri MINCOM,
      player bisa bayangkan jika MMORPG dalam skala yang sangat MASSIVE,
      contoh nya adalah pada saat WG, dimana frame rate turun drastis, bahkan drop setengah nya, sehingga game tidak presisi lagi,

      Plus, bukan omong kosong, di tambah VTC guard yang membebani kinerja processor dan memory computer, dan entah kenapa VTC memproteksi nya dengan model seperti itu yang tidak efektif,
      alhasil VTC guard masih bisa di bobol sekelas program CE, WPE ataupun program hack thirdparty lain nya,

      Mungkin MINCOM menyadari nya sendiri, dan mulai angkat tangan dalam memikirkan hal tersebut,
      hipotesa saya berujung pada penerapan skill blok pot tadi, tujuan nya agar server tidak di flood oleh input data yang extreem, jika alih nya memang seperti itu,
      bisa di lihat dengan gaya permainan Ran Online tidak se presisi di RAN JS,

      Ok, Saya kasih sampel sederhana,
      karena saya menggunakan karakter shaman, bug-bug sangat mudah di temukan,
      misal nya pada timing skill, MINCOM seperti memproteksi client dengan sangat extreem,
      jika player mati, begitu bangun, dan langsung mengrapal skill yang delay nya lama, maka skill itu bisa FAIL, padahal skill tersebut sudah READY, dan terulang kembali delay jadi nol, dan begitu delay nya recovery pada fase ke dua, baru bisa di gunakan kembali,
      artinya player harus menunggu skill berkedip 2 kali di box skill (jika habis bangun dari kematian),
      nggak perduli kamu sudah lari ampu ujung map, server masih memproteksi system itu, dan tidak boleh di serobot.

      Contoh di atas menandakan bug-bug fatal yang menghilangkan gaya permainan Ran yang presisi..

      Untuk ide sendiri itu akan selalu banyak,
      dan entah jika ada remaja-remaja zaman sekarang akan muncul jargon `sok ide`, bisa menepis itu semua..

      Dalam imajinasi saya sendiri,
      Ran seharus nya dimainkan dengan gaya yang apik,
      dimana setiap player berkerja sama dan saling membutuhkan,
      job punya satu kelebihan tapi harus punya kekurangan juga, kemampuan menyerang setiap job tidak terlalu berlebihan,
      teknik kombo pada job harus di eksekusi dengan memperhitungkan timing yang tepat dan tidak boleh asal-asalan,
      jika ada job yang sangat sulit mati seperti TANK, itupun di perhitungkan agar memiliki kekuatan serang yang rendah,
      atau job yang mempunyai serangan yang sagat besar, akan tetapi defend dan kapasitas HP nya sangat rendah,

      Job-job bisa mempunyai negative-status khusus, yang terbatas bisa di resistensi atau di obati oleh job lain,
      misal suatu job bisa membuat negative-status BLIND, maka blind itu bisa di obati job support atau intelegence,
      sistem pertahanan job juga harus memperhitungkan timbal-balik dalam melawan job lain,
      misal, type killer (melee) punya serangan blow yang sangat besar, akan tetapi dia lemah akan serangan jarak jauh atau serangan magis, dengan model seperti itu semua job bisa di resistensi oleh job lain, tentu saja dengan pemisahan dua jenis defend FISIK dan MAGIS, dimana dalam Ran Online itu tidak ada.

      Ide-ide baru akan selalu ada untuk memicu permainan yang atraktife,

      Job-Job melee akan punya serangan kombo yang bisa di ciptakan sendiri oleh player,
      game-play bisa melimitasi nya dengan teknik Bar tertentu yang jika penuh maka skill combo itu baru bisa di keluarkan berdasarkan urutan yang di buat player,

      Crazy barier, atau Pow Barier, seperti pada gaming fighting arcade, membuat potensi setiap job memiliki ke istimewan masing-masing, dengan mode itu, setiap job bisa unjuk gigi dengan skill istimewa nya, atau.. counter attack ketika terlalu sering di bunuh.

      Penambahan bar critical, jika player di serang terus menerus secara bertubi-tubi, walau player tersebut tidak mati-mati, maka bar critical ini akan naik, jika penuh, player itu akan menerima COLETERAL DAMAGE yang sangat besar, untuk menghindari nya maka dia butuh job lain yang memiliki buff-buff khusus menambah defend atau penangkal coletral damage tersebut,
      alhasil rantai balancing akan terus terjaga.

      Dan seterusnya, dan seterusnya..



      Memikirkan hal baru tidak terlalu sulit,
      tergantung setiap player mau atau tidak,
      terlepas ide nya itu berguna atau tidak..

    86. #14
    87. Join Date: Jan 2012
    88. Posts: 24
    89. Like this: 0
    90. Favorited 0 Times in 0 Posts
    91. G-Point: 325
    92. makanya banyak yang bilang itu :

      IDE itu mahal..
      KREASI itu mahal..
      GAMEPLAY itu mahal..
      terakhir.. MIKIR itu mahal..

      'Banyak player yang bisa beradaptasi, ada yang tidak, atau masih terus bermain walau pun tidak suka'
      Memikirkan hal baru tidak terlalu sulit..
      dan yang mengubur hal diatas adalah :
      'dan entah jika ada remaja-remaja zaman sekarang akan muncul jargon `sok ide`, bisa menepis itu semua'

    93. #15
    94. Join Date: Nov 2011
    95. Posts: 78
    96. Like this: 6
    97. Favorited 6 Times in 6 Posts
    98. G-Point: 880
    99. hhmmm, game guard nya bisa di tembus CE ya... agak sedikit menggelikan juga.. tapi kalo berbicara game2 online di indo sih udah ga heran lagi dengan meluasnya cheat disana sini (dari jaman ran js, rf, cabal dan apalagi PB).
      berbicara tentang menyeimbangkan setiap job, gw setuju dengan linxianghua, beberapa game juga telah menerapkan hal seperti itu. (kebetulan gw player aktif di ran vtc dan cabal online ), misalnya buff anti critical , menurunkan damage monster/player/mengikat palyer/monster.
      btw, beberapa waktu yg lalu gw dah pernah bilang juga, kalo motif "dagang" dalam sebuah perusahaan adalah tujuan akhir.
      so, walaupun job yg pada awalnya sudah dibuat atau dikondisikan secara seimbang tetap saja berakhir pada ketidak seimbangan dgn IM yang bisa membuat suatu job survive untuk solo. pada titik ini agan2 butuh kerelaan dan keikhlasan akan adanya hal seperti ini...